Wednesday 23 April 2008

Mengapa harus piano antik?

Apa sih yang menarik dari piano antik?
Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang didapat dari piano antik.

  1. Piano antik yang terbaik dikenal menghasilkan kualitas suara yang lebih baik dibanding piano modern. Perpaduan penggunaan material yang terbaik dan pengerjaan manual dengan kualitas craftmanship yang tinggi (non mass product) menunjang tercapainya kualitas terbaik ini.
  2. Desain casing luar dan finishing yang indah, kadang disertai ukiran atau ornamen-ornamen khas atau aksesoris kuno seperti tempat lilin, membuat piano antik selain dimainkan sebagai alat musik juga sekaligus berfungsi sebagai furniture penghias ruangan yang cantik.
  3. Nilai, harga dan apresiasi orang pada piano klasik lebih bertahan lama lintas generasi dibanding piano modern yang cepat turun. Ini membuat orang tidak segan-segan berinvestasi dalam bentuk barang antik, termasuk piano. Sebagai contoh, menurut Forbes, piano Steinway buatan tahun 1929 hingga 1958 saat ini berharga enam kali lipat dari harga aslinya, sedang majalah Fortune menyebutkan sebuah piano Steinway yang 20 tahun lalu dibeli seharga US$ 9.000, sekarang bernilai US$ 500.000 (baca artikel Piano Klasik: Steinway Bertahan dalam Mahakarya)
  4. Dari sisi kualitas material, piano antik akan selalu menggunakan kayu yang asli yang solid, bukan kayu olahan semacam tripleks (chip-board) atau menggunakan bahan plastik sebagaimana piano modern. Tuts piano antik hampir bisa dipastikan berlapis gading gajah yang bernilai tinggi, bukan semata-mata plastik seperti piano modern.
  5. Pembuatan piano klasik dilakukan secara manual dengan kualitas craftmanship yang tinggi, ditunjang dengan kualitas material yang baik, sehingga menghasilkan kualitas suara yang baik dan mempunyai masa pakai yang lama dan biasa diturunkan dari generasi ke generasi.

No comments: