Wednesday 23 April 2008

Piano Baby Grand Steck - Made in New York, 1910 (Dijual)


Steck dikenal sebagai pembuat piano berkualitas baik. Steck diproduksi oleh GEORGE STECK & COMPANY New York, USA yang memulai produksinya tahun 1857. Dalam dunia piano, piano Steck diberi rating 4 bintang yang mencerminkan kualitas yang baik. Seorang kawan menyebut karakter suaranya jazzy.


****** Six stars is highest quality - an instrument that a concert pianist would be happy to have on the stage.
* One star is lowest quality, the sort of thing that would keep you warm in winter when the coal runs out.

Piano baby grand ini sangat sesuai untuk mereka yang menghendaki kualitas suara lebih baik dari piano biasa (upright). Dimensi piano baby grand yang lebih besar dan panjang, memungkinkan ukuran soundboard yang lebih besar dan senar yang lebih panjang. Pada dasarnya dengan soundboard yang besar dan semakin panjang senar, semakin bagus pula kualitas suara piano yang dihasilkan. Inilah mengapa seorang pianis professional akan selalu menggunakan grand piano dalam setiap konsernya, karena kualitas suara yang terbaik hanya didapat dari piano jenis ini dan tidak didapat dari piano yang lebih kecil, seperti piano model upright.

Dari gambar di samping ini terlihat bahwa piano ini dibuat di New York, USA, dan dari nomor serinya (48705) piano diketahui ini dibuat sekitar tahun 1910.










Dua pedal yang terbuat dari kuningan menambah keindahan piano ini.


Sebagaimana piano antik lainnya, tuts piano ini berlapis gading gajah asli yang masih dalam kondisi sempurna dan berjumlah 88 buah (7 1/4 oktaf). Pada umumnya hanya piano buatan setelah tahun 1960-an punya tuts berjumlah 88 buah. Sebelum itu umumnya hanya 85 buah (7 oktaf). Ini menunjukkan bahwa piano ini termasuk yang terbaik pada jamannya.





Kondisi piano ini masih sangat baik dan sangat terawat. Pemilik piano sebelumnya tinggal di Sunderland, sebuah kota kecil beberapa kilometer dari daerah perbatasan Newcastle upon Tyne, Inggris. Setelah diboyong ke Indonesia, untuk memastikan bahwa baik bodi luar maupun organ dalamnya (mesin, soundboard, snar, mekanisme pemukul, dll) berfungsi dengan baik, saya mempercayakan pada Pak Tjuk Tri Irtanto, seorang ahli piano yang sudah berpengalaman puluhan tahun di Jakarta, untuk memoles ulang bodi, membersihkan dan mengecek luar dalam piano ini sehingga nampak dan berfungsi seperti piano baru.


"Pintu rumah saya berukuran normal,
lalu bagaimana cara memasukkan piano ini ke dalam rumah?". Demikian pertanyaan yang dilontarkan seorang kawan. Pada dasarnya piano baby grand adalah sama seperti piano upright, hanya saja dalam posisi tidur. Untuk memasukkan ke dalam rumah, piano ini diberdirikan dan dilepas kaki-kakinya terlebih dahulu. Dalam kondisi berdiri dan tanpa kaki, maka piano ini akan seperti sebuah piano upright, sehingga tidak ada masalah sama sekali dalam memasukkannya ke dalam rumah melalui pintu biasa.



Bagi anda yang tertarik untuk melihat
langsung, piano ini ada di Cipondoh, Tangerang. Alamat dan kontak lebih detail tersedia bagi anda (silakan email ke jati.hatmoko@gmail.com atau sms ke +447817938661). Bangku piano yang terlihat pada gambar ini adalah bangku asli yang usianya kira-kira sama dengan usia piano ini. Bangku tersebut sudah dipoles ulang dengan bantalan busa baru dan akan menyertai piano ini bagi anda yang membelinya. Untuk pengiriman piano ini, Pak Tjuk dengan senang hati akan membantu pengirimannya baik bagi mereka yang tinggal di dalam maupun di luar kota.

1 comment:

joshua said...

This is one of the very best blogs I've ever visited yet.

Congrats! Take these words like a blossom blessing as I'm bloging around.

PALAVROSSAVRVS REX