Monday 10 December 2007

R Fietze - Berlin, era Victorian (1900-an) (Dijual)


Piano antik ini dibuat awal 1900-an, jadi usianya sekitar 100 tahunan lebih. Selain nilai historisnya yang tinggi, pada dasarnya semakin tua umur piano akan menghasilkan suara yang semakin presisi, sepanjang didukung kualitas kayu yang baik (mengutip pendapat Iravati M. Sudiarso, salah satu guru piano terbaik Indonesia).

Piano ini bagus sebagai hiasan (furniture) maupun sebagai alat musik. Terlihat di gambar, desain yang exclusive (customised), bukan typical produk massal yang biasanya cenderung polos. Kayu Walnut khas Eropa mempunyai tekstur kayu yang indah.

Kondisi piano ini terawat bagus oleh pemiliknya sebelumnya yang membelinya dari toko piano di kota Leeds, Inggris tahun 2001. Piano yang dibeli dari toko piano biasanya bergaransi karena sudah dicek dan diperbaiki baik luar maupun dalamnya (mesin, soundboard, snar, mekanisme pemukul, dll) sehingga nampak dan berfungsi seperti piano baru.

Sebagaimana umumnya piano antik, tutsnya masih terbuat dari gading gajah, sehingga tidak licin di jari (mengutip pendapat Iravati M. Sudiarso, salah satu guru piano terbaik Indonesia). Tuts piano baru sekarang biasanya dari bahan semacam plastik. Di Inggris, tempat piano ini dibeli, sejak 1989 berlaku peraturan yang menyatakan bahwa hanya barang berbahan gading produksi sebelum 1947 saja yang boleh diperdagangkan. Salah satu ciri khas tuts gading adalah biasanya terlihat garis sambungan pada tutsnya. Sambungan ini 'terpaksa' dilakukan untuk mengurangi material gading yang terbuang, mengingat mahal dan langkanya gading.

Piano ini model overstrung dan underdamped. Sistem overstrung ini lebih superior dan suaranya lebih bagus dibanding model biasa/straightstrung, karena sistem ini memungkinkan senar (bass) melintang diagonal lebih panjang daripada model straighstrung. Pada dasarnya semakin panjang senar semakin bagus suara piano. Inilah mengapa piano grand mempunyai suara paling baik dibanding piano yang berukuran lebih kecil, seperti jenis babygrand atau upright.
Underdamped adalah sistem di mana posisi peredam berada di bawah posisi hammer. Sistem ini lebih effektif dalam meredam getaran senar dibanding sistem overdamped (posisi peredam di atas hammer), sehingga suara piano yang dihasilkan bisa lebih jernih. Piano buatan Jerman biasanya dianggap lebih superior dalam kualitas mekanik dan suara.

Berikut ini adalah kutipan dari iklan asli di eBay dari pemilik piano terakhir di Inggris sebelum dibawa ke Indonesia.


Siapa tertarik? Bagi peminat serius yang ingin melihat langsung, saat ini piano berada di daerah Cipondoh - Tangerang. Kursi piano baru (panjang - bisa untuk duet) akan diberikan cuma-cuma menyertai piano ini. Kontak lebih detail tersedia bagi peminat serius. Untuk pengiriman piano ini, Pak Tjuk dengan senang hati akan membantu pengirimannya baik bagi mereka yang tinggal di dalam maupun di luar kota.

No comments: