Sunday 30 December 2007

Bluthner, hitam klasik, buatan 1890-an (Dijual)

"The firm has been making [the] highest quality pianos in Leipzig...since 1853... Blüthner pianos have a very full sound that is warm, romantic, and lyrical"
- Larry Fine, The Piano Book.
Performance Rating:
Piano Performance Rating
Confidence Rating:
Piano Confidence Rating:
Quality Control Rating:Piano Quality Control Rating
www.bluthners.co.uk

Bluthner adalah salah satu dari sedikit piano berating 5/6 bintang. Perlu diketahui bahwa semakin tinggi jumlah bintang di sini menunjukkan kualitas suara yang makin baik. Rating 6 bintang (seperti pada Bluthner modern (M)) diartikan sebagai kualitas tertinggi sebagaimana seorang pianis memimpikannya di atas pentas, sedang 1 bintang diartikan sebagai kualitas terendah, sebagaimana seseorang bisa menjadikannya sebagai pengganti kayu bakar di musim dingin. Di antara piano berating 5 lainnya, seperti Kaps atau Bechstein, Bluthner biasanya dianggap lebih baik. Harganya di pasaran pun lebih tinggi dari Kaps ataupun Bechstein.

****** Six stars is highest quality - an instrument that a concert pianist would be happy to have on the stage.

* One star is lowest quality, the sort of thing that would keep you warm in winter when the coal runs out.





Kualitas suara Piano Bluthner terkait dengan penggunaan material yang terbaik. Bodi kayu dan frame besinya sangat kokoh. Perlu diingat bahwa sebuah frame besi piano harus mampu menahan tarikan 220 buah senar yang menghasilkan total gaya sebesar 20 ton. Penggunaan material pilihan membuat piano ini sangat berat (ciri umum piano berkelas), lebih berat dari piano-piano di Indonesia pada umumnya. Sebagaimana gitar yang berkualitas baik - dibuat dari kayu berkualitas tinggi, biasanya berat, sehingga suaranya mantap dan tidak cempreng. Demikian pula dengan piano ini. Dengan kualitas kayu yang baik, kualitas suara yang dihasilkan pun baik (pulen - mellow tone). Perlu dicatat piano berating rendah, biasanya akan menghasikan suara yang cempreng/berisik, sehingga muncullah istilah 'noisy furniture' pada piano berating 1 bintang.

Sebagaimana piano antik lainnya, tuts piano ini berlapis gading gajah asli dan berjumlah 88 buah (7 1/4 oktaf). Pada umumnya hanya piano buatan setelah tahun 1960-an punya tuts berjumlah 88 buah. Sebelum itu umumnya hanya 85 buah (7 oktaf). Ini menunjukkan bahwa piano ini termasuk yang terbaik pada jamannya.







Tuts berlapis gading gajah asli, selain bernilai tinggi juga tidak licin di jari (mengutip pendapat Iravati M. Sudiarso, salah satu guru piano terbaik Indonesia - baca artikelnya di sini). Perlu diketahui tuts piano baru sekarang biasanya dari bahan semacam plastik. Di Inggris sendiri sejak 1989 berlaku peraturan yang menyatakan bahwa hanya barang berbahan gading produksi sebelum 1947 saja yang boleh diperdagangkan.





Dari nomor serinya (42993 - lihat gambar di kiri), piano ini diketahui dibuat sekitar tahun 1890-1899. Jadi usia piano ini sekitar 110 tahun lebih.

Usia piano ini bisa diketahui dengan memasukkan nomor serinya ke sebuah website di internet, seperti ditampilkan di gambar di bawah (klik pada gambar untuk memperbesar).

Salah satu keistimewaan piano antik adalah mengenai kualitas suaranya. Mengutip pendapat Iravati M. Sudiarso, "Semakin tua umur piano -bila didukung oleh kualitas kayu yang baik- akan semakin menghasilkan suara yang presisi,"

Kondisi piano ini masih sangat baik. Pemilik piano ini sebelumnya adalah sebuah perusahaan konsultan di bidang training di London. Setelah diboyong ke Indonesia, untuk memastikan bahwa baik bodi luar maupun organ dalamnya (mesin, soundboard, snar, mekanisme pemukul, dll) berfungsi dengan baik, saya mempercayakan pada Pak Tjuk Tri Irtanto, seorang ahli piano yang sudah berpengalaman puluhan tahun di Jakarta, untuk memoles ulang bodi, membersihkan dan mengecek luar dalam piano ini sehingga nampak dan berfungsi seperti piano baru.

Terlihat pada gambar di kanan, piano ini model overstrung. Sistem overstrung ini lebih superior dan suaranya lebih bagus dibanding model biasa/straighstrung, karena sistem ini memungkinkan senar melintang diagonal lebih panjang daripada model straighstrung (perhatikan frame besi yang saling menyilang di bawah tuts). Pada dasarnya semakin panjang senar semakin bagus suara piano. Inilah mengapa piano grand mempunyai suara paling baik dan digunakan untuk konser piano profesional dibanding piano yang berukuran lebih kecil, seperti jenis babygrand atau upright.

Bagi anda yang tertarik untuk melihat langsung, piano ini ada di Cipondoh, Tangerang. Kontak lebih detail tersedia bagi anda (silakan email ke jati.hatmoko@gmail.com atau sms ke +447817938661). Sebuah bangku piano panjang (bisa untuk duet) akan menyertai piano ini bagi anda yang membelinya. Untuk pengiriman piano ini, Pak Tjuk dengan senang hati akan membantu pengirimannya baik bagi mereka yang tinggal di dalam maupun di luar kota.






No comments: