Tuesday 22 April 2008

Piano Dreaper - era Victorian (1880-1900) (Dijual)




Piano antik ini adalah buatan Jerman yang kemudian disempurnakan di Liverpool, Inggris. Pada gambar di sebelah kanan tertulis piano ini ini dirakit oleh W-H & G.H Dreaper, 96 Bold Street, Liverpool. Piano antik dengan mesin atau mekanik buatan Jerman (biasanya dianggap lebih superior dalam kualitas mekanik dan suara). Piano ini berdimensi tinggi 135 cm x lebar 155 cm dan tebal 70 cm.



Dari bentuk dan desan ukirannya, diperkirakan piano ini diproduksi pada era Victorian akhir (1880-1900). Pada masa ini piano didesain secara khusus, bukan typical produk massal seperti pada piano modern yang biasanya cenderung polos karena alasan ekonomis. Perhatikan ukiran-ukiran indah di sekitar kaki piano, tutup tuts dan body. Body piano ini terbuat dari kayu Walnut khas Eropa yang mempunyai tekstur kayu yang indah. Selain nilai historisnya yang tinggi, pada dasarnya semakin tua umur piano akan menghasilkan suara yang semakin presisi, sepanjang didukung kualitas kayu yang baik. Terlihat dari gambar bahwa piano ini sangat bagus sebagai hiasan (furniture) maupun sebagai alat musik.

Piano upright ini bersenar lurus (straightstrung) dengan sistem redaman underdamped. Walau berjenis straightstrung, hebatnya warna suara (timbre) piano ini termasuk mantap, kaya berkarakter sebagaimana piano overstrung. Sistem redaman underdamped pada piano ini menghasilkan suara piano yang lebih jernih, karena sistem ini dikenal lebih efektif dalam meredam getaran senar dibanding sistem overdamped. Rahasia keefektifan sistem ini adalah pada posisi peredam yang terletak di bawah hammer.

Tuts berjumlah 88 (7 1/4 oktaf), sehingga mempunyai range nada yang lebih besar. Pada umumnya hanya piano buatan setelah tahun 1960-an punya tuts berjumlah 88 buah. Piano produksi sebelum itu umumnya hanya mempunyai 85 tuts (7 oktaf). Ini menunjukkan bahwa piano ini termasuk yang terbaik pada jamannya. Tuts terbuat dari gading gajah asli, sehingga tidak licin di jari. Tuts piano baru sekarang biasanya dari bahan semacam plastik. Di Inggris sendiri sejak 1989 berlaku peraturan yang menyatakan bahwa hanya barang berbahan gading produksi sebelum 1947 saja yang boleh diperdagangkan.

Piano ini dalam kondisi terawat bagus oleh pemiliknya terakhir yang bertempat tinggal di Norwich, Inggris. Pemiliknya seorang bapak yang cukup berumur yang mendapatkan piano ini sebagai warisan dari orang tuanya sekian puluh tahun silam. Setelah diboyong ke Indonesia, untuk memastikan bahwa baik bodi luar maupun organ dalamnya (mesin, soundboard, snar, mekanisme pemukul, dll) berfungsi dengan baik, saya mempercayakan pada Pak Tjuk Tri Irtanto, seorang ahli piano yang sudah berpengalaman puluhan tahun di Jakarta, untuk memoles ulang bodi, membersihkan dan mengecek luar dalam piano ini sehingga nampak dan berfungsi seperti piano baru.

Bagi anda yang tertarik untuk melihat langsung, piano ini ada di Cipondoh, Tangerang. Alamat lebih detail tersedia bagi anda (silakan email ke jati.hatmoko@gmail.com atau sms ke 081325103645). Sebuah bangku piano panjang (bisa untuk duet) akan menyertai piano ini bagi anda yang membelinya. Untuk pengiriman piano ini, Pak Tjuk dengan senang hati akan membantu pengirimannya baik bagi mereka yang tinggal di dalam maupun di luar kota.









No comments: